Berapa sih sebenarnya umur anjing Anda? Kemungkinan besar Anda tahu umur anjing Anda dalam hitungan tahun, atau setidaknya memiliki perkiraan atas umurnya, namun jika berbicara mengenai kronologi, apakah Anda benar-benar tahu umurnya?.



Saya yakin, Anda sudah pernah mendengar “seven year theory”. Suatu sistem dimana umur dari seekor anjing atau kucing sama dengan tujuh tahun umur kita. Salah satu contoh dari pemikiran ini adalah, anjing yang berumur 1 tahun akan sama dengan anak yang berumur 7 tahun. Sekarang permasalahannya adalah, berapa anak yang berumur 7 tahun yang Anda kenal yang sudah dewasa secara seksual dan mampu untuk memiliki anak? Sedangkan seekor anjing atau kucing melahirkan ketika mereka berumur 1 tahun atau bahkan lebih muda.

Sistem ini mudah dimengerti, namun terlalu sederhana. Banyak orang yang masih menggunakan perhitungan ini jika ditanya mengenai umur kronologi anjing mereka. Namun, merujuk ke contoh diatas Anda bisa melihat mengapa sistem yang paling mudah sekalipun tidak bisa diterima sekarang.

Pada awal tahun 1950, seorang dokter hewan asal Prancis, Monsieur LeBeau, memformulasikan sistem lain untuk mengatasi masalah ini. Di sistem ini dijelaskan bahwa seekor anjing/kucing pada umur 1 tahun kurang lebih memiliki pubertas yang sama dengan manusia yang berumur 15 tahun. Pada tahun kedua, hidup seekor anjing/kucing menjadi sama dengan manusia yang telah dewasa secara sempurna, yang berumur 24 tahun. Setelah 2 tahun, setiap tahun dalam hidup binatang sama dengan 4 tahun umur manusia.

Pop quiz time! Berapa umur seekor kucing yang berumur 6 tahun jika menggunakan sistem ini?Menurut teori LeBeau, kucing tersebut akan sama dengan manusia yang berumur 40 tahun. Ingat, 24 + (4*4) = 40. Bagaimana dengan anjing yang berumur 10 tahun. Jika jawaban Anda adalah 56, maka Anda benar!

Menarik untuk dicatat, bahwa anjing dan kucing mengikuti teori ini sampai umur mereka mencapai 14 tahun. Lewat dari 14 tahun, mereka mulai memiliki rate yang berbeda jika dibandingkan dengan manusia. Perhitungan ini akan berjalan dengan baik untuk anjing dan kucing yang memiliki harapan hidup / Average Life Expectancy (ALE) sampai dengan 14 tahun. Seperti yang sudah kita ketahui, anjing atau binatang, seperti juga layaknya manusia, bisa berumur lebih panjang. Karena itu kita memiliki yang namanya Maximum Life Span (MLS-harapan hidup maksimal).

Manusia bisa hidup kurang lebih 110 tahun. Seekor kucing sekitar 30-35 tahun, sedangkan anjing bisa 29 tahun.
Jadi, bagaimana Anda menghitung seekor kucing atau anjing yang hidup melewati 14 tahun. Pada kasus ini, setiap tahun setelah umur 14 tahun umur anjing, akan sama dengan 2 ½ tahun umur manusia dan 2 tahun untuk kucing.

Penelitian telah membuktikan bahwa sering kali seekor binatang hidup melewati ALE-nya jika diberikan perawatan yang maksimal, dan stimulasi sosial dan psikologikal. Jika kita meneliti anjing tertua yang pernah hidup, kita dapat melihat bahwa mereka mendapat latihan yang teratur termasuk di dalamnya level stimulasi yang berbeda tergantung anjingnya.
Anjing yang tertua yang pernah tercatat adalah herding dog di Australia (29 tahun). Runner up-nya adalah, seekor Labrador berumur 27 tahun, yang berasal dari Inggris. Yang juga terkenal adalah Lassie (18) dan Rin Tin Tin, seekor herder yang berusia kurang lebih 16 tahun.

Tabel dibawah ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana teori LeBeaux bisa menentukan umur dari binatang peliharaan Anda. Kami berharap table ini membantu Anda di masa yang akan datang.



Average Life Expectancy (ALE):

Anjing--------------------Manusia
1---------------------------15
2---------------------------24
3---------------------------28
4---------------------------32
5---------------------------36
6---------------------------40
7---------------------------44
8---------------------------48
9---------------------------52
10--------------------------56
11--------------------------60
12--------------------------64
13--------------------------68
14--------------------------72
15--------------------------74.5
16--------------------------77
17--------------------------79.5
18--------------------------82